Popular Post

Posted by : Unknown Senin, 14 Januari 2013



















 Pecinta anime umumnya sudah tau istilah-istilah ini, walau banyak juga yang belum tau atau hanya sekedar pernah mendengar tetapi belum mengerti. Apa sih tsundere,dandere, yandere, kuudere, dan yangire? Itu adalah istilah Bahasa Jepang untuk beberapa tipe karakter cewek. Istilah ini cuma dipake untuk tokoh cewek, walau sebenarnya ada aja cowok yang karakternya seperti ini. Tapi jujur, saya sendiri tidak ingin membayangkan cowok berkarakter seperti ini.


Paling pertama harus dipahami dulu arti "dere-dere". "Dere-dere" adalah kata dalam Bahasa Jepang, agak susah terjemahin kata ini secara langsung karena mencari padanan kata yang pas dalam Bahasa Indonesia tidak ada yang tepat 100%. Gampangnya, deredere bermakna menjadi timbul kasih kayang, timbul perasaan cinta, menunjukkan afeksi, and so on.... Kalau bisa mengerti dere-dere, untuk mengerti karakter di atas akan jadi mudah.

1. Tsundere
Tsundere adalah kata gabungan dari tsun-tsun dan dere-dere. Tsun-tsun sendiri bermakna seseorang yang berwatak agresif (bukan dalam artian kasar atau bar bar) atau berdarah panas. Setelah dua kata itu digabung menjadi tsundere, yang bermakna orang yang keras, berdarah panas, namun di saat yang tepat menjadi sangat "lovely".  Biasanya tokoh bersifat tsundere ini sangat tidak mengakui perasaan sukanya ke suatu tokoh, sehingga untuk menutupinya dia akan berbuat kebalikan dari yang sebenarnya ingin dia lakukan untuk menunjukkan perasaan sukanya. Biasanya tokoh yang disukai si tsundere ini menjadi salah paham dan berpikir dirinya dibenci si tsundere. Kalau bisa saya bilang, sifat tsundere ini pride-nya terlalu besar, membuatnya jadi malu mengakui perasaan sukanya, dan di situlah letak menariknya karakter ini.

Karakter ini termasuk karakter yang paling banyak peminatnya di dunia anime, mungkin karena itulah banyak anime yang memasukkan karakter ini di salah satu tokohnya. Bahkan, di anime terkenal ada banyak banget yang karakternya tsundere. Contoh karakter tsundere adalah Louis ( Zero no Tsukaima)


2. Dandere
Dandere gabungan dari kata danmari yang berarti diam dan dere-dere, jadi karakter tipe ini adalah karakter yang pendiam, tidak banyak tingkah, umumnya pemalu, namun pada saat "klik", dia bisa melakukan hal-hal yang tidak terduga kepada karakter yang disukainya. Bagi saya pribadi, karakter ini juga lumayan menarik. Untuk PDKT ke karakter tipe ini memang butuh perjuangan ekstra, tapi sekalinya berhasil, dijamin... rasanya gak bisa lepas lagi. Sya juga berani bilang, dari level moe-nya, dandere bisa bersaing ketat dengan tsundere. Contohnya Nagato Yuki (Suzumiya Haruhi no Yuutsu)


3. Yandere
Yandere adalah gabungan dari kata yanderu yang berarti... ehm, gangguan metal atau gangguan jiwa dan dere-dere. karakter yandere biasanya terlihat sangat baik, lembut, penuh kasih sayang di awal, sebelum pada akhirnya perasaannya itu menghancurkan semua, biasanya melalui kekerasan. Karakter yandere sebenarnya sangat mencintai pujaan hatinya, namun cintanya yang dibarengi dengan ketidakstabilan mental di dirinya membuatnya menyalurkan perasaanya melalui kekerasan, entah itu kepada karakter yang disukainya ataupun karakter lain yang berusaha mendekati karakter yang disukainya. Contohnya Yuno Gasai (Mirai Nikki)


4. Kuudere
Kuudere berasal dari gabungan kata cool (dalam Bahasa Jepang dibaca kuuru) yang artinya... keren, cool, gagah dan dere-dere. Biasanya karakter kuudere adalah karakter di cerita RPG. Karakter ini memiliki tatapan tajam, sedikit lebih kaku dari tsundere, kuat, sedikit emosi dengan gaya bicara cenderung formal. Walaupun kadang terlihat agak macho, pada saat tertentu karakter kuudere justru terlihat sangat manis dan... membuat yang melihatnya terpana oleh auranya. Contoh, Octavia (Tears to Tiara)




5. Yangire
Oke, yang terakhir untuk sementara ini.... Yangire, sampai sekarang masih gak ngerti ini asalnya dari gabungan kata atau memang kata yang berdiri sendiri.Yangire bisa dibilang bentuk lain dari yandere, kalau yandere karakter sakit mental yang ada perasaan cinta, yangire adalah karakter yang sakit mental tanpa ada perasaan cinta, tanpa ada pemicu yang jelas bisa muncul tiba-tiba sifat psikopatnya, lalu bisa tiba-tiba hilang dan kembali menjadi orang baik lagi. 



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yami-Chan - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -